Pages

Selasa, 13 Desember 2011

Koreksi



Ulangan Akhir Semester 1 di SD saya, juga di SD-SD lain di Kabupaten Magetan, hari ini baru berjalan 2 hari. Sementara itu, sudah seminggu yang lalu di Kabupaten/kota tetangga. Juga sudah mengawali start untuk MIN atau MI. Padahal liburnya sama tanggal 26 Desember. Walhasil, kalau dihitung dari awal UAS hari senin kemarin tanggal 12 Desember sampai jadwal penerimaan rapot tanggal 24 Desember 2011. Praktis saya dan teman-teman hanya punya waktu kurang dari 2 pekan untuk menyelesaikan semua urusan berkenaan dengan rapot. Yaa koreksi, ngolah nilai, nulis rapot, ngisi buku induk.



Karena itu, hari ini tepatnya sore ini saya sudah sibuk memainkan ballpoint merah saya, sret . . . sreeet, coret sana coret sini, ngasih tanda betul, tak tuk tak tik di calkulator, sret sret sret nilai, dilingkari dan oke. Berulang dan seterusnya sampai 41 lembar. Lembar jawaban yang saya koreksi, adalah lembar jawaban Bahasa Indonesia ulangan kemarin dan hari ini pelajaran PKn untuk kelas 4, 5, 6. Kalau ulangan begini saya mendapatkan jatah 7 amplop Lembar Jawaban. PKn 4, 5, 6 IPS 4, 5, 6 dan Bhs, Indonesia kelas 4.




Kegiatan koreksi mengoreksi lembar Jawaban siswa seperti ini, adalah rutinitas biasa bagi seorang guru. Kadang malas mengerjakan jugalah hal biasa. Maklumlah sangat monoton dan membosankan. Apalagi kalau jawabannya banyak yang salah, tulisannya bagus cakar ayam, atau banyak tip X waduuuuh. Pengen kabur memeluk bantal hehehe. Namun akan terbayar jika ketemu anak pintar, dengan tulisan rapi, dan nilai yang memuaskan. Mantap hati saya mendukung tangan menggoreskan nilai ^^.








Rasa malas dan bosan pun saya rasakan sore ini, makanya ini disambi posting blog dulu. Namun, saya tetap semangat karena ada 8 anak di kelas saya meraih nilai sempurna di pelajaran Bahasa Indonesia. Banyak juga yang 90an. Lebih dari itu, semangat yang saya dapatkan bersumber dari sugesti di otak saya yang terus bernyanyi bahwa 2 pekan lagi libur datang, 10 hari lagi orang yang saya cintai akan menjemput saya, liburan ke Bandung 2 pekan insyaAllah. Yuhuuiiii. Alhamdulillah, ini adalah nikmat luar biasa ditengah keterbatasan waktu yang saya punya untuk menjadi seorang istri. hehehe. Makanya, meskipun kemarin saya bed rest seharian karena sakit, hari ini saya meresa sehat. Walaupun harus sering istirahat. Karena interupsi tubuh yang menekan-nekan.




Yaa begitulah, tanggung jawab, kesenangan, pengorbanan, kecintaan, kebahagian, sesuatu yang ingin diraih, adalah sumber motivasi yang menyemangati yang dapat mengalahkan segala bentuk kelelahaan lainnya. Bismillah, dengan ijin Allah.





5 komentar:

  1. wah harus semangat koreksi bu..
    saya aja semangat,,,
    semoga mereka yang saat ini kita koreksi kertas ulangannya, suatu saat nanti kita melihat mereka menjadi orang yang akan membanggakan kampung kita.

    BalasHapus
  2. ayo semangat semangat....
    semoga sudah selesai sebelum ke Bandung...

    wah wah... lagi lagi ada pak Bin jadi jadian... wkwkwkw

    BalasHapus
  3. Saya paling suka tuh yang bagian "sret sret sret nilai" kayaknya asik..hehee...

    Semangaat mbak...dan selamat berlibur di bandung, jangan lupa nonton film "Hafalan sholat delisa" yang premier tanggal 22 desember ini :)

    BalasHapus
  4. @ Pak Bin: eh ada pak Bin lagiiiii . . . *tetap sambil melirik mas "coffee break", tersangka utama :S


    @ Mas Fifin: Bukannya semoga mas, tapiii harus selesai, deadline tanggal 23 Desember neh, Parahnya tgl 21-23 juga ada workshop di kecamatan :( bantuin yaa ^^.


    @ Riries: hehe memang ini yang paling asik, yang paling berat saat ngoreksinya, apalagi pas pilihan ganda, waduh mata jadi merasa rabun . . .

    Iyaa terima kasih, kemarin2 sdh request nonton Delisa tinggal menagih janji ke bos Fifin hehehe . . .

    BalasHapus
  5. wah ketahuan pak Bin nya...

    siap mengantar tuan putri kemana aja, asal pas ndak males ha ha...

    BalasHapus