Pages

Minggu, 09 September 2012

Perlengkapan yang Dibawa ke Tempat Bersalin

Mendekati HPL -Hari Perkiraan Lahir- walaupun HPL bukan harga mati atas waktu kelahiran bayi, saya pun telah menyiapkan tas-tas yang berisi perlengkapan untuk dibawa ke tempat bersalin. Dari apa yang telah saya persiapkan ada dua tas utama yang akan dibawa. Yaitu tas yang berisi perlengkapan "dedek" dan tas yang berisi perlengkapan saya sendiri (termasuk perlengkapan suami, bismillah insyaAllah yang akan mendampingi persalinan). Kini dua tas itu telah siap disudut kamar, mudah dilihat, dijangkau, sehingga kapan pun diperlukan tinggal angkut saja.


Sebagai calon ibu, yang baru pertama kali akan mengalami proses persalinan, tentunya saya bingung juga mau bawa apa saja ke tempat bersalin. Akhirnya setelah nanya ke kakak perempuan saya, ditambah searching di google kini telah terkemas rapi barang-barang yang insyaAllah diperlukan. 

Tas Perlengkapan Bayi, berisi:
  • Popok bayi (5 potong)
  • Popok Instan
  • gurita bayi (2 potong)
  • baju bayi (3 potong)
  • kaos tangan+kaos kaki bayi (2 potong)
  • kain bedong (3 potong)
  • kain alas (5 potong)
  • perlak (1 potong)
  • bantal+guling bayi (1 set)
  • perlengkapan mandi (handuk, waslap dan toiletris -sabun, bedak, minyak telon-)
  • kapas, tissu basah
  • botol susu (ini hanya untuk persiapan saja, harapannya bisa langsung IMD dan langsung menyusui)
Tas Perlengkapan Ibu, berisi:
  • Kain panjang/jarik (saya bawa 5)
  • baju ganti ibu (2 potong, termasuk pakaian dalam, dan bra menyusui)
  • setagen (1)
  • 1 bungkus pembalut (saya membawa pembalut herbal)
  • kaos untuk abi (2 potong)
  • perlengkapan mandi (handuk, sabun, sikat gigi, pasta gigi)
  • selimut tipis
  • perlengkapan berias (termasuk sisir)
Pendukung lainnya yang saya bawa:
  • Beberapa botol minuman isotonik -P*****Sw**t
  • Air mineral
  • Sari Kurma
  • Beberapa pack kecil susu UHT coklat
  • Makanan kecil yang berbau coklat (tujuannya untuk menambah energi)
  • 3 bantal (ini untuk persiapan, jika di tempat bersalin tidak menyediakan cukup bantal, karena saya tidak ingin melahirkan dengan posisi berbaring. Bantal-bantal itu akan membantu saya untuk menyangga punggung, supaya bisa duduk saat proses bersalin)
Itu tadi beberapa barang yang telah disiapkan, mudah-mudahan tepat guna saat diperlukan. Lancar dalam proses persalinan, Bismillah. 

1 komentar: