Pages

Selasa, 11 September 2012

Tips A - Z Untuk Mengurangi Rasa Nyeri Persalinan Secara Alami (Part 2)


Sekarang yang N - Z

Nestle down in large pillow
Bersandar pada bantal yang besar membuat ibu bersalin merasa lebih nyaman. Sayangnya sering kali di ruang bersalin hanya tersedia satu bantal saja. Mungkin ada baiknya anda membawa dari rumah.

Open your pelvis by squatting position
Posisi berjongkok merupakan posisi yang paling menguntungkan. Dengan posisi ini bidang luas panggul meningkat 30 persen, sehingga bayi lebih mudah turun ke dasar panggul. 

Positive thingking
Kunci keberhasilan untuk mendapatkan pengalaman persalinan yang menyenangkan. Dengan berpikiran positif anda dapat menikmati semua proses persalinan.

Question what you don't understand
Menanyakan hal yang belum anda ketahui kepada bidan atau dokter yang merawat, karena dengan demikian kondisi mental lebih tertata.

Rock your pelvis with birthing ball
Goyangkan pinggul anda di atas bola pilates. Dengan berputar menyamping dan bergerak depan belakang, membuat ibu lebih santai dan keluhan di pinggul serta tulang belakang banyak berkurang.

Sight out gently with every breath
Bernapas dengan lembut dan lakukan pernapasan perut, membantu proses relaksasi dan meningkatkan suplai oksigen ke janin

Trust your body
Dengan mempercayai kekuatan tubuh, maka anda akan menjadi lebih positif dan optimis saat menjalani proses persalinan.

Understand the treatment and what happen to your childbirth
Seandainya terdapat intervensi atau tindakan saat proses persalinan, anda harus mengerti tindakan apa saja, tujuan serta pengaruhnya terhadap anda dan kesejahteraan janin.

Visit toilet regularly
Saat persalinan kala I, usahakan secara teratur untuk buang air kecil karena jika kandung kemih penuh, bisa menghambat kontraksi dan turunnya kepala janin.

Walk around
Berjalan disela-sela kontraksi adalah cara untuk menikmati persalinan

X' more kisses
Ciuman dari suami membuat anda merasa mendapat dukungan dan perhatian khusus

Yell loud and long
Berteriak keras dan panjang, lalu bernapas lagi dengan pola yang baik biasanya dilakukan saat kontraksi terasa begitu tidak nyaman. Namun kurang dianjurkan karena bisa menguras banyak energi ibu bersalin.

Zzzzz doze off in between contractions
Tidur atau beristirahat di sela kontraksi. Hal ini berguna untuk memulihkan energi anda, sehingga saat mengejan anda lebih kuat.

Nah demikian tips dari Bidan Yessi yang saya dapatkan setelah membaca bukunya yang berjudul GENTLE BIRTH. Saya tulis ulang di blog ini, sebagai pengingat dan motivasi bagi diri saya sendiri, juga semoga bermanfaat bagi bunda yang sedang menunggu proses persalinan . . .
Bismillah, mudah-mudahan meringankan dan melancarkan dalam berjuang . . . ^^ amin.



1 komentar:

  1. Assalamuallaikum. mbak, saya Eka. coba search di google nemu blog mbak. manfaat banget. saya juga dari madiun. kebetulan sedang hamil 8 minggu. mbak, beli buku gentle birth dimana ya? oya bs minta alamat fb/ twitter utk sharing lebih jauh? :)

    BalasHapus