Pages

Senin, 10 September 2012

Tips A - Z Untuk Mengurangi Rasa Nyeri Persalinan Secara Alami (Part 1)

Tips ini saya dapatkan setelah membaca buku yang berjudul "GENTLE BIRTH, Melahirkan Nyaman Tanpa Rasa Sakit" yang ditulis oleh Bidan Yesie Aprilia S.Si.T, M.Kes pemilik BIDAN KITA bersama Ibu Brenda Ritchmond, S.Si.T. Membaca tulisan mereka yang berdasarkan fakta dan serangkaian penelitian dengan referensi jurnal kelas dunia, membuat saya pun ingin mempunyai penagalaman melahirkan yang nyaman dan menyenangkan. Walaupun rasa pesimis kadang datang tiba-tiba, namun insyaAllah setiap pesimis itu datang saya berusaha sekuat tenaga memunculkan sisi optimis saya. 



A - Z tips mengurangi (bahkan menghilangkan) rasa nyeri dalam persalinan secara alami yang ditulis dalam buku GENTLE BIRTH, adalah:

Ask Information
Carilah informasi yang selengkap-lengkapnya kepada bidan atau dokter yang merawat anda. Sehingga anda akan mendapatkan gambaran yang jelas dalam proses persalinan. Ketidaktahuan akan proses persalinan akan memunculkan kepanikan dan kecemasan yang berefek negatif.

Breathe rhythmically
Saat bersalin bernapaslah dengan teratur dan berusahalah tetap reelaks saat menghela napas. Berlatih melakukan napas yang benar sejak masa kehamilan sangatlah penting. Rasa nyeri dan ketidaknyamanan selama kehamilan dan proses persalinan, akan sangat berkurang hanya dengan bernaps secara teratur dan benar.

Cuddle your partner
Berpelukan. Memang kadang terdengar aneh, namun dalam proses persalinan dukungan pendamping persalinan sangatlah penting bagi psikologis ibu bersalin. Peluk pendamping persalinan saat merasa tidak nyaman, hal ini akan membantu untuk mengurangi ketidaknyamanan tersebut.

Drink isotonik water in beetween contraction
Minum cairan isotonik di sela-sela kontraksi sangatlah penting karena akan lebih cepat diserap oleh tubuh sehingga mempunyai rehidrasi.

Endorphin massage
Salah satu metode yang ampuh untk merangsang produksi hormon endorfin dalam tubuh ibu. Hormon endorfin memiliki efek sebagai penghilang rasa sakit alami.

Fan yourself with a small electric fan
Ibu bersalin biasanya merasa gerah, apalagi ketika kontraksi datang. Penggunaan kipas angin elektrik atau kipas biasa dapat membantu ibu merasa lebih nyaman. 

Groan and moan
Mengerang. Namun saat mengerang usahakan untuk tidak sambil mengejan. Karena justru akan membuat jalan lahir mengalami pembengkakan dan menyulitkan proses pembukaan jalan lahir.

Hypnobirthing
Metode relaksasi yang sangat membantu untuk mengurangi bahkan menghilangkan rasa sakit pada saat melahirkan.

Imagine your baby moving down every contraction
Pada saat anda mengalami dan merasakan kontraksi, dianjurkan untuk membayangkan bahwa setiap kontraksi yang anda rasakan membuat janin bergerak turun dan membuka jalan lahit.

Joke with your partner & your midwife
Bercanda dengan pendamping persalinan juga dengan bidan sangat membantu anda agar tidak terlalu stress melewati persainan.

Kisses
Saat anda berciuman dengan suami, maka hormon endorfin terpicu untuk keluar sehingga membuat dapat menikmati proses persalinan.

Listen to music
Musik sangat bermanfaat untuk membantu anda agar dapat relaks, juga bermanfaat untuk janin.

Move around to make comfortable
Bergerak dengan bebas senyaman mungkin bagi ibu bersalin sangatlah bermanfaat. Cari posisi yang paling nyaman bagi anda.


Bersambung . . . ke Part 2

2 komentar:

  1. Lama kelamaan ini blog bakal jadi blog kehamilan. Semenjak hamil, isi dari blog ini ndak jauh juah tentang tema kehamilan dan persiapannya he he .

    Apapun itu, tetap semangat untuk menulis yah!

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehe . . . senyampang lagi hamil mas. Agak lucu jika nulis ttg kehamilan di blog pribadi pas gak sedang hamil. Diniati bagi-bagi pengalaman, barangkali bermanfaat bagi pembaca :)

      Hapus