Pages

Senin, 05 Maret 2012

Buku Panduan Kehamilan

Hamil pertama, juga merupakan pengalaman pertama bagi seorang wanita. Bahkan tak hanya melibatkan calon ibu, calon ayah pun ikut-ikutan mengalami euforia pengalaman baru ini. Otomatis selain rasa bahagia penuh syukur, tak urung ada perasaan was-was. Jadi banyak tanda tanya muncul di kepala. Ini bagaimana yaa, kalau mengalami ini apa yang harus dilakukan dsb. Kadang saran-saran orang di sekitar malah membuat bingung dan menambah rasa takut. Baiknya sih tanya ke ahlinya saat kontrol ke bidan atau dokter kandungan. Solusi lain adalah browsing-browsing di internet. Atau tak ada salahnya awal kehamilan, juga diawali dengan menambah koleksi buku panduan kehamilan.




Ini pula yang saya lakukan, punya buku pegangan. Buku panduan kehamilan. Saat ini ada 2 buku yang menjadi rujukan saya, saat ada keluhan juga menambah pengetahuan saya tentang perkembangan janin dan hal-hal berkenaan dengan kesehatan ibu hamil sampai pasca melahirkan. Buku itu adalah 9 Bulan yang Menakjubkan dan Kehamilan Minggu demi Minggu. Kedua buku ini sama-sama best seller.








Buku 1:


Buku ini merupakan seri Ayahbunda: 9 Bulan yang Menakjubkan. Saya tidak membeli buku ini, tetapi dipinjami oleh kakak saya, yang 4 bulan lalu melahirkan. Buku ini sangat colorfull, jadi kesannya cantik. Semua kertasnya glossy. Tebalnya 338 halaman. Harganya Rp 100.000,00 di Togamas. Di dalam buku ini banyak sekali iklannya, mungkin ini yang menyebabkan buku dengan kualitas kertas dan isi sebagus ini harganya tidak jauh mahal. Buku ini sangat lengkap, membahas mulai sebelum hamil hingga proses-proses kelahiran. Dilengkapi dengan puluhan tips sehat untuk bumil juga untuk calon ayah. Dilengkapi juga dengan beberapa resep anti mual, hingga tips memilih baju hamil dan perlengkapan bayi.










Buku 2:


Buku ini milik saya sendiri, dibelikan oleh suami begitu tahu saya hamil. Kehamilan Minggu demi Minggu, penulisnya adalah dr. Jane MacDougall. Buku ini lebih menekankan pada perkembangan janin tiap pekan, dan perubahan fisik calon bunda setiap minggunya. Sangat detail, mulai panjang dan berat janin juga dilengkapi gambarnya. Ada tips-tipsnya juga tapi tidak sekomplit buku 1. Karena tulisan luar negeri, buku sangat ilmiah pun foto-foto di dalamnya sangat ilmiah (baca: fulgar). Jadi bagi yang belum menikah tak disarankan membuka terlebih mengamati buku ini . . . ^^




Buku-buku tersebut lumayan sangat membantu saya, kadang apa yang disarankan atau dikatakan dokter saya cocokkan dengan buku-buku ini ternyata sama. Inilah kebenaran iqro', bahwasannya perintah Allah pertama adalah iqro'/membaca. Karena dengan membaca, kita mendapatkan ilmu. Termasuk ilmu tentang kehamilan . . . ^^



3 komentar:

  1. Tak bisa di pungkiri ibu yang pertama kali hamil akan banyak menemui kesulitan-kesulitan. Dan mencari informasi di internet tidak semudah membalik telapak kaki. Semoga pengalaman dan tulisan di blog ini, khususnya mengenai pengalaman hamil memberi informasi yang cukup bagi ibu hamil, maupun calon ibu hamil.

    BalasHapus
  2. mba mohon infonya dimana sy bisa beli buku 9 bulan yang menakjubkan? s
    sangat membutuhkannya , trimakasih
    -waty, kupang-

    BalasHapus
    Balasan
    1. dulu belinya di Togamas, tapi saya juga pernah lihat di Gramedia. Kalau susah dapatnya, coba beli online.

      Hapus