Pages

Minggu, 04 Maret 2012

12 Tanda Hamil: Antara yang Saya Rasakan dan Tidak

Banyak sekali site-site dan buku-buku yang menjelaskan tentang tanda-tanda kehamilan. Namun tetap saja masing-masing calon ibu memiliki pengalaman sendiri terkait dengan warning tubuh efek adanya makhluk baru yang tumbuh dalam rahimnya.

Membaca buku panduan kehamilan “Seri Ayahbunda: 9 Bulan yang Menakjubkan” disini ditulis sebuah artikel yang berjudul “12 Tanda Anda Betul-betul Hamil”, setelah say abaca dan saya cocokkan dengan yang saya alami ada yang sama, namun ada beberapa yang tidak saya alami. Berikut 12 tanda tersebut, beserta apresiasi yang saya alami:

  • 1. Haid tidak datang

Tentu saja, terlambat haid pasti dikaitkan dengan adanya kehamilan. Walaupun banyak sebab yang menjadikan haid tak kunjung datang. Sebab berhentinya haid pada kehamilan karena dibuahinya sel telur oleh sperma.

Pada tahapan terlambat haid ini saya belum menyadari kalau diri saya hamil. Padahal sudah telat 2 minggu, ini karena siklus haid saya sendiri yang kurang teratur. Ada sih kecurigaan itu, namun daripada kecewa saya ber”negative” thinking hehe

  • 2. Mual dan Muntah

Sebelum tahu saya hamil, saya tidak mengalami hal ini. Menurut buku yang saya baca, pemicu mual dan muntah adalah meningkatnya hormone hCG. Saya mengalami mual (jarang, lebih sering merasa sebah diperut) setelah usia kehamilan saya 8/9 minggu. Itupun tak sampai muntah. Muntah yang saya alami karena terlalu lama menggosok gigi.

  • 3. Payudara tidak nyaman

Terasa lebih lunak, sensitive, gatal, dan nyeri jika disentuh. Jika anda biasa akan haid mengalami sensasi lain di payudara, nah seperti itulah rasanya. Saya mengalami hal ini, namun sebelum saya tahu kalau hamil, saya menganggapnya karena saya mau haid dan telat pula, jadi rasanya lebih kuat dari biasanya.

  • 4. Ada bercak darah dan kram perut

Kram perut yang lumayan nyeri sekali, saya mengalaminya 1 minggu setelah saya telat haid. Rasanya begitu hebat, menekan dan terasa kencang di perut bagian bawah. Apalagi kalau setelah mengangkat benda yang berat. Anggapan saya saat itu adalah pertanda haid. Karena kadang saya juga mengalami, 2-3 hari sebelum datang bulan. Kram ini terus saya alami sampai usia kehamilan saya 8-9 minggu.

Lalu adanya bercak darah, ya saya mengalaminya. Hanya sehari. Saat itu saya mengira bahwa saya sedang haid. Namun anehnya bercak tersebut hanya terjadi sekali, suatu siang setiba saya di rumah usai bekerja. Sorenya, esoknya tak muncul lagi. Disini saya mulai curiga apa saya hamil??. Adanya bercak darah karena implantasi atau menempelnya embrio ke dinding rahim.

  • 5. Sering pipis

Saya mengalaminya, intensitas buang air kecil 2 kali lipat daripada biasanya. Sering tengah malam terbangun untuk ke kamar mandi. Karena janin yang mulai tumbuh di rahim dan menekan kandung kemih. Selain itu, sirkulasi darah dan hormone kehamilan meningkat.

  • 6. Sakit kepala

Disebabkan karena meningkatnya hormone kehamilan dan kelelahan. Saya mengalaminya, kalau saya lebih seperti migren. Biasanya kalau siang hari usai saya mengajar.

  • 7. Cepat lelah dan mengantuk

Ini saya alami setelah tahu saya hamil. Karena perubahan hormone dan kerja beberapa organ tubuh menjadi lebih keras.

  • 8. Sembelit

Karena meningkatnya hormon progesteron yang mengendurkan otot rahim dan otot dinding usus, sehingga melambatkan gerakan usus. Saya mengalami, untuk mengatasinya saya banyak minum air putih dan makan buah-buahan berserat

  • 9. Sering meludah

Ini akibat perubahan kadar hormon estrogen. Saya tidak mengalaminya.

  • 10. Temperature basal tubuh naik

Saya mengalami tapi tidak merasa, kata suami saya suhu tubuh saya sejak hamil lebih tinggi daripada biasanya. Saat saya ukur dengan thermometer digital dipagi hari, memang naik sekitar 0,5 – 0,7˚C daripada biasanya.

  • 11. Ngidam

Ciri khas ibu hamil, penyebabnya perubahan hormon. Saya tak terlalu mengalaminya. Jika ngidam itu sangat ingin makan sesuatu dan tak bisa di tahan sampai air liur bercucuran hehehe. Berarti saya tak mengalami. Saya pernah sangat ingin singkong keju yang dijual di depan pegadaian kota Madiun, namun karena tidak ada yang membelikannya saya berpikiran ahhhh bisa makan yang lain. Jadi tak sampai ingin yang berlebihan seperti anak kecil menginginkan mainan.

  • 12. Mood naik turun

Yes saya mengalami, hal ini diperparah karena saya mengalami kesedihan karena ibu saya meninggal dan kondisi long distance dengan suami. Bahwa tak memang tak mudah. Tapi saya berusaha mengatasinya dengan selalu bersyukur atas nikmat karunia yang diberikan oleh Allah. Alhamdulillah, suami lebih sering sms menanyakan kondisi, ini cukup menguatkan saya.

Semua tanda-tanda tersebut, silahkan dipastikan dengan test pack. Jika ada dua garis merah, insyaAllah hamil. Lanjut chek ke dokter kandungan atau bidan terdekat… ^^

20 komentar:

  1. Selamat yaa bun.... saat ini sy br tlat 8 hari tp blm berani testpack... ada bbrp yg bunda alami dan swya pun tengah mengalaminya.....

    BalasHapus
  2. Mksih ya bun.....share diatas smua saya alami...tp 2x TP hasilnya msh negatif...saya berharap minggu depan bisa positif...insya Allah...amin...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya jg mngalami hal yg sama bund.. jadwal haid saya selalu teratur bund.. ne saya sdah telat 4 hari bund. Tp sdah 2x TP hasil - 😢. Tp trkdg perut bagian bawah dsblah kiri trkdg tmbul nyeri sepintas aj.. kira2 knpa ya bun?

      Hapus
  3. Mksih ya bun.....share diatas smua saya alami...tp 2x TP hasilnya msh negatif...saya berharap minggu depan bisa positif...insya Allah...amin...

    BalasHapus
  4. eka sulistya rini6 Juni 2014 pukul 17.52

    selamatt ya bun ,,

    saya bru telat 5hr tp jika kecapean suka kram d'perut.
    blum berani testpack , mudah2n ini bertanda baik ya bun .
    sama2 minta doanya semoga kita jdi calon ibuu , aaamiiiinnn yra .

    BalasHapus
  5. Bun,saya merasa nyeri di bgian perut bawah..rasanya sprti mau haid..PD jg puting nya brwrna lbh gelap dr biasanya..skrg mnginjak 8 hari telat haid..wkt saya telat 4 hari dan 5 hari saya coba TP hsilnya negatif..skrg mau coba TP tkt msh negatif..apa ada kmungkinan ya saya hamil???kalo iya syukur alhmdllh..bntu saya lg galau bunda2..

    BalasHapus
  6. Makasih Bunda sharingnya....saya juga baru h2c, hpht terakhir 25 mei dan siklus saya antara 31-33 hari. Dari minggu kmrn yg saya rasakan perut kadang nyeri, payudara membesar dan lunak, mual muntah setiap gisok gigi, kadang pusing. Pernah coba tespek hasilnya negatif. Buat bunda2 yg lain yg msh h2c tetep semangat yaaa dan saling mendoakan, berharap semoga hasilnya bisa positif. InsyaAllah...aamiin

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gmn hasil TP selanjutnya bun? Apakah positif?

      Hapus
  7. subhanallah mksih y bun infonya. aku jg lg telat 3mggu. biasanya sh teratur haidnya. tp wktu bru tlt seminggu d TP msh ngtif bun skrg blm d TP lg msh takut negatif lg. tp selama telat gjla yg sama dgn artikel bunda cm 1 yaitu suka kram prut bag bwh klo bgn tdr smpai mau ruku jg ga bisa. ya mdh2n ni tnda aq hmil y bun. smuanya sling mndoakn ya bunda2.

    BalasHapus
  8. makasih bun, sya telat 13 hr..badan rasane lemas, mual pusing, tadi pagi waktu saya melakukan TP hasilnya negatif.. semoga aj positif.. krn anak pertama say sdh 9 th

    BalasHapus
  9. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  10. Saya sudah telat 10hr,perut bagian bawah rasa sdkt besar n kencang,,gampang capek,terutama kaki terasa sdkt berat,pusing,sering mengantuk,sering pipis..tp kmrn sy TP hasilnya negatif...smga ini bertanda hamil,,amin............

    BalasHapus
  11. bantu jawab dong.. saya tdk mengalami nyeri ,perut, dan tdk mual dan juga di putinng tapi saya melalukan hubungan dg suami dan suami tdk memakai kondom.. skarang saya telat haid 10 hari bun.. apa saya hamil? trmaksih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bagaimana hasilnya bunda? Apakah sudah TP lagi?

      Hapus
    2. Bagaimana hasilnya bunda? Apakah sudah TP lagi?

      Hapus
  12. Saya juga bun, telat haid, nyeri perut bagian bawah, tapi pas di TP negatif.....saya was2 bun, padahal berharap positif....ada apa ini? Plis sharing dong, ada apa? 😥😭

    BalasHapus
  13. Saya juga bun, telat haid, nyeri perut bagian bawah, tapi pas di TP negatif.....saya was2 bun, padahal berharap positif....ada apa ini? Plis sharing dong, ada apa?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
  14. buat bunda2 yg H2C karena TP tenang aja..urine itu trgantung kadar hCG kita, mungkin tes nya trlalu cepat, dan TP yg dijual di pasaran juga pnya tingkat kepekaan berbeda2 trhadap kadar hCG. Saya telat 5hari, tadi pagi TP muncul 2garis tapi yg 1 nya samar.. tapi tanda2 diatas hampir smua saya alami, berpikiran positif aja,, lusa saya cek lg biar langsung ke dokter :)
    semangat ya bunda2,, jgn lupa trus berusaha dan berdoa :)

    BalasHapus
  15. Bund sy dah seminggu ini mual muantah & pusing blm datang mens tp pas cek hasilnya negatif,knp ya bund

    BalasHapus