Pages

Rabu, 28 September 2011

Cuci Mata di Pameran Pelayanan Publik Jatim 2011




Sejak sama-sama menikah, saya dan kakak perempuan saya satu-satunya jadi jarang jalan-jalan berdua. Usia kami yang hanya selisih 18 bulan, membuat kami (dimasa bujangnya) suka jalan-jalan berdua. Ke mana saja, tapi ke mall untuk hunting baju bukan hobby kami. Kami lebih suka pergi ke toko buku, ke Book Fair, atau ke Pameran/expo pembangunan yang diadakan pemerintah.


Seperti Rabu sore ini, saat suami saya sedang di Bandung dan kakak ipar saya juga ada urusan di luar sampai malam. Dan saya juga mbak saya, sedang tak ada kerjaan berarti . . . Mbak saya ngajak jalan-jalan ke Madiun. Kebetulan kami sama-sama tahu kalau tanggal 28 September - 1 Oktober ada Pameran di Alon-alon kota Madiun. Tampak beberapa hari sebelumnya 2 tenda besar nan megah sudah mulai didirikan di Alon-alon sebelah utara.


Berdua kami menyusuri tenda yang sangat besar, ada 2 tenda yang cukup besar. Pameran kali ini adalah "Pameran Pelayanan Publik dan Budaya Kerja Prov. Jatim 2011". Karena skalanya provinsi, stand-stand diisi oleh lembaga-lembaga pelayanan publik kabupaten/kota seluruh Jawa Timur. Ada dari sektor kesehatan dan rumah sakit, sektor pertanian, pendidikan, Dinas pendapatan daerah, dinas pelayanan terpadu, dari PDAM, dari dinas perkoperasian, PTPN dll. Hampir stand setiap dinas dari daerah menampilkan produk-produk khas daerahnya. Seperti Batik, makanan khas, kerajinan, juga hasil pengolahan produk.


Saya sangat senang melihat stand yang menampilkan souvenir batik khas dari setiap kabupaten/kota di Jawa Timur. Membandingkan satu sama lain, berbagai corak dan warna Semua indah dan halus.



Souvenir Batik dari berbagai daerah di Jawa Timur

Ada juga barang-barang kerajinan, salah satunya kerajinan anyaman dari Kabupaten Magetan (Ds. Ringinagung) dan kerajinan genteng yang terkenal di Jatim yaitu Genteng dari Kab. Tulungagung.



Kerajinan Genteng dan Anyaman

Dari dinas pertanian Propinsi Jawa Timur pun tak mau ketinggalan, menampilkan beberapa hasil pertanian dan perkebunan terbaik, seperti apel Manalagi, alpukat yang mengkilat, mangga, bawang merah, padi dsb.



Beberapa tentang keunggulan pelayanan publik yang ditampilkan setiap stan. Mudah-mudahan dengan adanya pameran pelayanan publik ini, tidak sekedar pameran belaka namun memberikan motivasi kepada dinas terkait untuk meningkatkan pelayanan publik, juga mempunyai budaya kerja yang bagus . . .





1 komentar:

  1. Waah... perjalanannya cukup unik yang pada akhirnya bertemu dengan event megah... salut buat penulis yang memberikan pesan pada akhir tulisan untuk para penyelenggara pelayanan publik agar bukan hanya event-nya saja yang bagus, tapi kinerjanya juga harus lebih baik dari yang sudah dilakukan saat ini untuk seluruh lapisan masyrakat.

    BalasHapus