Pages

Senin, 01 Maret 2010

Euforia Sertifikasi

Empat minggu berlalu, saya sibuk, turut heboh dalam euforia sertifikasi guru dalam jabatan. Ehm . . . bukan, bukan saya yang sertifikasi . . . (belum dapat kuota tahun ini), tapi 5 rekan saya satu SD dan ibu mertua saya. Yah . . . harus turun tangan membantu mereka (dimintai bantuan), mebuatkan ini dan itu Poin2 yang ada hubungannya dengan komponen sertifikasi.

Alahamdulillah, selain bisa bantu-bantu . . . banyak juga pengalaman baru yang saya dapatkan. Saya jadi tahu apa saja yang perlu saya siapkan untuk menyongsong sertifikasi saya nanti, ehm . . . bahasa kerennya "jemput bola".


Kira-kira ini yang bisa saya atau anda siapkan untuk sertifikasi, supaya tidak kelimpungan ketika tiba saatnya:
  1. Menyiapkan sertifikat dan piagam dari diklat/seminar yang diikuti, lengkap dengan resume/review materi.
  2. Meminta surat tugas, surat keterangan dari kepala sekolah setiap kita diberi tugas khusus. Misalnya: tugas membimbing siswa dalam lomba.
  3. Membuat Penelitian Tindakan Kelas (PTK) atau karya tulis lainnya mulai dari sekarang, selain sebagai persiapan sertifikasi ada hal penting lagi dari manfaat penelitian ini, yaitu peningkatan PBM di kelas.
  4. Membuat review buku pelajaran
  5. Mempersiapkan Propta, Promes, Silabus, dan RPP (membuat 4 hal tersebut merupakan tugas mutlak seorang guru sebelum mengajar lho . . .)
  6. Aktif dilingkungan sosial dan pendidikan
  7. Melakukan tugas sebaik-baiknya
Setidaknya beberapa hal tersebut diatas jika sudah dilakukan akan sangat meringankan beban-beban dalam penyusunan dokumen sertifikasi. Selamat mempersiapkan!!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar