Pages

Jumat, 27 November 2009

BBB - Bikin “Bakso Ber-ukhuwah”

Berawal dari sepotong ide yang meloncat dari kepala salah satu teman Liqo’ saya, akhirnya jadi juga kami mengadakan faniyah. Kali ini temanya nyoba bikin bakso. Rencana sudah dipersiapkan, tempat sudah ditentukan . . . dan saatnya sekelompok ibu-ibu muda untuk beraksi.

Seperti biasa acara dibuka dengan tilawah bersama secara bergantian, satu sama lain saling menyimak. Diteruskan dengan sepotong tausyiah. Cukup, sengaja beberapa agenda kami tiadakan agar pulangnya tidak kesorean. Namanya juga ibu-ibu muda, pengalaman masak-memasak belum sebanyak ibu-ibu kita. Tapi berbekal pengalaman seorang ukhti diantara kami yang sering melihat tetangganya yang tukang jualan bakso membuat bakso, kami merasa lebih tenang dan agak PD.

Ternyata tidak terlalu sulit membuat bakso, bisa di bilang cukup praktis dan tidak membutuhkan waktu yang lama. Atau kalau boleh saya bilang tidak beda jauh dengan bikin sop. Kira-kira resepnya seperti ini:

Bahan dan Bumbu:
  • 1 Kg daging sapi giling (biasanya di tempat penggilingan, kalo untuk bahan bakso oleh pemiliknya sudah dicampur dengan bumbu, tepung terigu, dan telur. Jadi kita tinggal membentuknya saja)
  • 6 siung bawang putih, disangrai sebentar kemudian dihaluskan.
  • ½ sdt merica bubuk.
  • ½ sdt gula
  • Bawang daun dipotong-potong
  • Air kaldu
  • Untuk pelengkap: Mie Bihun (yang telah dimasak sebentar dalam air mendidih), Bawang merah goreng, daun seledri.
Cara Membuat:
  • Ambil adonan daging dengan tangan dan genggam, keluarkan pencet. Lalu ambil bulatan bakso dengan sendok. Masukkan ke air panas yang mendidih di atas kompor. Tunggu sampai terapung. Kemudian angkat dan tiriskan.


begini caranya membuat bulatan bakso . . .
  • Untuk kuah kaldu, siapkan kaldu sapi tambahkan bumbu garam, merica, bawang putih yang telah dihaluskan, bawang daun, gula, masak sampai mendidih.





tetep saja . . . ibu2 masak sambil ngrumpi

Penyajian:
  • Siapkan mangkok, isi dengan bihun, bakso, daun seledri yang telah diiris halus, bawang merah goreng, terakhir tuangi dengan kuah. Hemmm . . . siap dinikmati




saatnya mempersiapkan penyajian dan bikin minum

Walhasil liqo’ sore itu kita pesta bakso. Sangat seru masak bareng-bareng dengan saudara yang sekian waktu bersama dalam sebuah kumpulan, saling memberikan tausyiah, saling memberikan semangat, memberikan nasehat, juga bersama Murobbi yang kata-katanya menyejukkan jiwa. Tak ketinggalan jundi-jundi kecil teman-teman liqo saya, yang lucu dengan celotehnya (semoga saya segera menyusul mereka), Subhanalllah . . . . luar biasa. Faniyah yang menyenangkan, acara-acara seperti ini akan semakin memberikan bekas jelas untuk pelakunya, kian mengenal saudaranya dan tentu saja memperkuat ukhuwah. Dan menambah kesyukuran telah berada dikumpulan ’para pembelajar’.




neeh hasilnya . . . selamat menikmati . . .

Sebelum pulang kami sibuk bungkus-bungkus, untuk yang di rumah. Kalau saya spesial untuk suami, yang sudah dengan senang hati mengantar dan menjemput saya liqo’ hari itu^^ kebetulan sedang ada di rumah. Acara ditutup dengan senyum, dan surprise hari itu . . . sebelum doa kharatul majelis dan doa Rhabithah diucapkan. Mbak Endah, jomblo tunggal diantara kami . . . minta waktu sebentar untuk menyampaikan sesuatu sambil mengeluarkan beberapa lembar undangan warna ungu. Sontak . . . seperti ada yang mengomando kami bertahmid, memuji-Nya. Subhanallah . . . ternyata waktu itu telah tiba, yup! Awal Desember ini dia akan mengikat janji. Saya dan teman-teman satu per satu merangkul lama mbak Endah, Barakallah yaa . . . ukhti.
Akhirnya sebentar lagi . . . 8 akhwat halaqah kami sudah menjadi nyonya-nyonya semua . . .^^. Benar-benar sore yang sangat indah, mengiringi kami khusuk membisikkan doa Rhabitah . . .

. . . . Ya Allah Sesungguhnya Engkau Maha Mengetahui bahwa hati-hati ini telah berkumpul untuk mencurahkan Mahabbah hanya kepada-Mu. Bertemu untuk taat kepadamu. Bersatu dalam rangka menyeru di jalan-Mu, dan berjanji setia untuk membela syariat-Mu, maka kuatkanlah ikatan pertaliannya.
. . . . .

2 komentar:

  1. bagi anda yg mau mulai usaha bakso atau juragan bakso bisa kunjungi web kami di www.baksokress.blogspot.com

    BalasHapus