Pages

Sabtu, 03 November 2012

Posisi Posterior, Posisi Bayi Hanan dalam Rahim Jelang Persalinan


Sejak di vonis SC untuk melahirkan Hanan, yang membuat saya lumayan down dan schok. Saya berusaha mencari-cari informasi tentang diagnosa dr. Ardian Suryo, Sp.OG bahwa bayi saya posisinya menghadap jalan lahir (bahasa bekennya mlumah). Pun setelah Hanan akhirnya lahir dengan operasi Caesar, di waktu luang saya masih searching via google tentang “posisi” tersebut. Sebenarnya apa yang disampaikan oleh dokter sudah lumayan jelas, namun saya tetap ingin mencari informasi ini, agar mendapat pencerahan yang lebih cerah. Setelah mencari, akhirnya kemarin saya menemukannya di artikel terbaru site bidan Yessi, bidankita.com.


Yup, posisi Hanan saat di USG lewat HPL wajahnya yang terlihat, artinya posisinya menghadap ke muka, mlumah. Normalnya membelakangi jalan lahir. Posisi ini dalam bahasa kedokteran disebut posterior yang normal disebut anterior. Posisi posterior sesuai apa yang say abaca di bidankita adalah posisi kepala janin di bawah, tetapi bagian belakang kepalanya melawan tulang belakang, artinya posisi kepala adalah mlumah/menghadap ke atas (seharusnya menghadap ke bawah). Sesuai yang diceritakan Bu Bidan Pristi (Bidan tempat saya periksa dan konsultasi), posisi bayi seperti ini masih bisa lahir normal. Buktinya Bidan Pristi pernah menolong kasus seperti ini 4 kali, dengan perjuangan dan pertaruhan luar biasa besar. Karena posisi ini dapat membuat proses persalinan menjadi lebih sulit, akibatnya ibu yang melahirkan merasakan sakit punggung yang lebih sakit dibandingkan ibu bersalin yang posisi normal. Selain itu menurut tulisan di bidankita, proses persalinan panjang dan lambat. Persis sekali dengan yang di ceritakan Bu Pristi, bahwa mengejannya saja 3 jam . . . 


Akibat lainnya kemungkinan mengalami ketuban pecah dini (KPD) yang tentu saja berbahaya untuk kesejahteraan janin. Yaahhh, ini saya alami karena saya merasakan ketuban saya pecah saat pembukaan baru pembukaan dua, saat akan masuk ruang operasi. Berikutnya jika dilahirkan normal, kemungkinan bayi dengan posisi ini ketika sudah sampai bagian bawah panggul, dia perlu mengubah posisinya 180 derajat supaya kepalanya dapat dilahirkan. Ini berlangsung cukup lama. Jika tidak mau berubah posisi harus dibantu dengan facuum. Wiiih membayangkan ngeri.


Dalam tulisan tentang posisi ini di site bidankita.com, Bidan Yessi menolong ibu yang ternyata posisinya bayinya posterior. Ibu ini cukup tegar dan kuat, keinginannya untuk melahirkan normal “gentle birth” sangat luar biasa. Ketahuan saat proses persalinan, sudah sampai pembukaan Sembilan. Pada akhirnya ibu tersebut dirujuk untuk Caesar. Ada beberapa penyebab kenapa bayi bisa mempunyai posisi posterior, bisa langsung dilihat di sini. Di tulisan site bidankita, juga beberapa trik/tips mengatasinya.


Saya banyak belajar dari tulisan tersebut. Hal lain yang saya dapatkan setelah mengalami sendiri, juga menggali informasi tentang posisi bayi posterior adalah rasa syukur yang tiada terkira. Rasa syukur karena malam sebelum Hanan lahir Allah swt memberikan petunjuk untuk memeriksakan kandungan ke dSOG. Tak terbayangkan jika posisi posterior Hanan baru ketahuan saat proses persalinan. Saya juga bersyukur konsultasi dengan Bidan Pristi yang sudah sangat berpengalaman dengan kondisi semacam ini. Saran dan cerita beliau mengarahkan saya untuk SC walau sebelumnya saya kekeuh ingin normal. Dan syukur atas segala kemudahan dari Allah swt. Alhamdulillah, kini Hanan telah lahir, saya bisa memeluk dan menggendongnya. Bismillah, sehat yaa nduk.

7 komentar:

  1. Apa yang ditulis disini sama seperti yang saya alami saat melahirkan dek Qorrie, hanya saja sebelumnya dokter santi tidak memberi tahu tentang kondisi bayi saya yang mlumah, beliau hanya bilang sehat2 saja tentang bayiq. Baru saat2 mau melahirkan ketika bidan bertanya, apakah ada pesan dari dokter santi, saya bilang tidak. Baru setelah lahir bidan Yuni mmberi tahu kami, klo bayinya mlumah. Subhanalloh... alhamdulillah.. Syukur kami saat itu. Mungkin ada baiknya juga, bu santi tidak memberi tahu kami saat itu.

    BalasHapus
  2. Uѕіng pге-designed templates, simple instructions and tons of suggestions for $50.
    Unfoгtunatеly, 70 of thе 100 largeѕt banks in
    Ameriсa got a grade of C or belоw. The busіness Strimmeг is
    used to provide 3 D effect to your meсhaniсаl or architecture product modеlѕ аnԁ makes them loоk attгаctіvе
    аnd nice. Diviԁend yield іs currently 9.
    Тhere are a thouѕand waуs tο аԁvertise your serѵices on lοw rates, sell your
    serviceѕ on web 2. The closing of the trаnsaction itself I thіnk is
    prеmature.

    my web blog :: internet marketing college

    BalasHapus
  3. Quick, easy tasty paleo cookbooks Relish and paleo cookbooks Cranberry Ambrosia side dish recipe.
    The sixth principle relates to using catchy headlines
    for the dentist brochure designed.

    my blog pakeo diet

    BalasHapus
  4. But when they search online they end up at their site and not on your
    site he or she wants. As a result, it's becoming more difficult to find a strong footing in the industry, it is best to practice white hat methods of center for the website. It can mean the difference between getting your hubs seen on the internet, thus entice a lot of following, they will help you in reducing that.

    My site - search engine optimization agency

    BalasHapus
  5. A little tweaking here and there, and used my birthday money all $23 to launch Earth 2000.
    Choose the best search engine marketing Company without much hassle.
    The one thing all these companies have in common is their over exaggerated claims
    about their effectiveness as 'search engine marketing experts'.
    Those who would like to find out about the competition.


    Also visit my web page :: http://www.dailyroads.com/FelixBusb

    BalasHapus
  6. posisi bayi memang sangat menentukan ketika akan melahirkan,apalagi banyak yg sharing mengenai tips menjelang persalinan

    BalasHapus
  7. Assalamu Alaikum wr-wb, perkenalkan nama saya ibu Rosnida zainab asal Kalimantan Timur, saya ingin mempublikasikan KISAH KESUKSESAN saya menjadi seorang PNS. saya ingin berbagi kesuksesan keseluruh pegawai honorer di instansi pemerintahan manapun, saya mengabdikan diri sebagai guru disebuah desa terpencil, dan disini daerah tempat saya mengajar hanya dialiri listrik tenaga surya, saya melakukan ini demi kepentingan anak murid saya yang ingin menggapai cita-cita, Sudah 9 tahun saya jadi tenaga honor belum diangkat jadi PNS Bahkan saya sudah 4 kali mengikuti ujian, dan membayar 70 jt namun hailnya nol uang pun tidak kembali, bahkan saya sempat putus asah, pada suatu hari sekolah tempat saya mengajar mendapat tamu istimewa dari salah seorang pejabat tinggi dari kantor BKN pusat karena saya sendiri mendapat penghargaan pengawai honorer teladan, disinilah awal perkenalan saya dengan beliau, dan secara kebetulan beliau menitipkan nomor hp pribadinya dan 3 bln kemudian saya pun coba menghubungi beliau dan beliau menyuruh saya mengirim berkas saya melalui email, Satu minggu kemudian saya sudah ada panggilan ke jakarta untuk ujian, alhamdulillah berkat bantuan beliau saya pun bisa lulus dan SK saya akhirnya bisa keluar,dan saya sangat berterimah kasih ke pada beliau dan sudah mau membantu saya, itu adalah kisah nyata dari saya, jika anda ingin seperti saya, anda bisa Hubungi Bpk Drs Tauhid SH Msi No Hp 0853-1144-2258. siapa tau beliau masih bisa membantu anda, Wassalamu Alaikum Wr Wr ..

    BalasHapus