Pages

Minggu, 05 Agustus 2012

Tips Menjalankan Puasa Saat Hamil

Alhamdulillah, puasa Ramadhan sudah hari ke 16. Dan kehamilan saya sudah masuk pekan ke 34. Saya sangat bersyukur sekali, karena sejauh ini saya masih bisa menjalankan ibadah puasa dalam kondisi hamil tua dan cuaca yang lumayan panas, ditambah masih masuk kerja. 


Memang ada beberapa hal khusus yang saya siapkan untuk menjalankan puasa dalam kondisi hamil ini. Berikut akan saya share di blog ini, barangkali ada yang memerlukan informasi tips ini . .  .
  1. Niat dan Optimis, Semua berawal dari niat. Jika ibu hamil memang ingin menjalankan ibadah puasa, kuatkan niat. Niat beribadah puasa untuk menjalankan perintah dan mencapai keridhoan Allah SWT. Selain itu optimis, optimis mampu dan bisa menjalankannya. Rasa optimis ini, akan membawa dampak positif bagi kondisi psikologis dan kondisi fisik.
  2. Konsultasikan Ke Dokter dan Minta Multivitamin. Konsultasi ke dokter atau bidan anda. Bertanya tentang kondisi anda, kondisi si "dedek", juga kondisi kehamilan secara umum. Jika kondisinya oke, tak ada masalah. Dokter pasti akan acc untuk berpuasa. Saat saya berkunjung ke dokter di hari pertama Ramadhan, saya menyampaikan niat saya untuk berpuasa. Dan saya meminta dokter meresepkan multivitamin untuk saya. Untuk menjaga kondisi, juga menjaga asupan vitamin untuk saya dan bayi dikandungan saya.
  3. Bicara dengan Si "dedek". Mulai pekan 20an janin sudah bisa mendengarkan suara bundanya. Ajak dia bicara, kalau akan diajak berpuasa. Bujuk dan beri semangat untuk memberi dukungan agar si bunda kuat berpuasa.
  4. Perhatikan Makanan Sahur dan Buka. Saat sahur, memilih makanan yang lama dicerna. Misalnya karbohidrat dan sayuran agar tidak mudah lapar, juga minum susu dan air putih. Saat berbuka puasa, mulailah dengan minuman hangat yang manis, kurma cepat untuk memulihkan energi Asupan makanan saat berbuka juga harus tetap seimbang. Antara buka dan sahur perbanyaklah minum air putih.
  5. Cukup Beristirahat. Istirahat, jelas ini sangat diperlukan oleh ibu hamil. Apalagi saat berpuasa. Saya membiasakan tidur siang, sepulang saya bekerja. Tapi ingat terlalu lama kita tidur siang, kadang akan membuat tubuh menjadi lemas.
  6. Dukungan Suami dan Keluarga. Dukungan suami dan keluarga menjadi sangat penting karena akan memberikan dampak positif bagi psikologis ibu hamil.
  7. Jangan Paksakan Tubuh. Jika tubuh merasa sangat lemas, disertai dengan dada berdebar, segeralah berbuka. Artinya kondisi tubuh tidak fit. 

Demikian sedikit tips untuk menjalankan ibadah puasa bagi ibu hamil. Alhamdulillah, dengan langkah-langkah diatas sejauh ini saya masih lancar dalam berpuasa. Bismillah, mudah-mudahan kuat satu bulan penuh. Kuat yaa dek ^^. Amin.

1 komentar: